Daftar Merek dan Harga Motor Listrik yang Berhak Menerima Subsidi Pemerintah

Pemerintah Indonesia, khususnya melalui Kementerian Perindustrian, telah mengambil langkah proaktif dengan merilis perubahan regulasi terkait subsidi motor listrik. Tujuan dari perubahan ini adalah untuk mendorong investasi, meningkatkan produktivitas industri otomotif, dan menciptakan lapangan pekerjaan baru. Dengan kriteria penerima subsidi yang lebih inklusif, diharapkan akan ada peningkatan signifikan dalam adopsi kendaraan listrik. Proses verifikasi yang ketat juga diterapkan untuk memastikan efektivitas dan integritas program ini. Jadi, jika Anda mempertimbangkan untuk beralih ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan, sekarang adalah waktu yang tepat. Selamat berburu motor listrik!

Daftar Merek dan Harga Motor Listrik yang Berhak Menerima Subsidi Pemerintah. Opsi untuk beralih ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan.
Daftar Merek dan Harga Motor Listrik yang Berhak Menerima Subsidi Pemerintah

Perubahan Regulasi dari Kemenperin

Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Perindustrian, baru-baru ini mengumumkan perubahan regulasi terkait subsidi motor listrik. Ini adalah bagian dari upaya lebih luas untuk memajukan industri kendaraan listrik di tanah air.

Tren Global dan Energi Bersih

Tren global saat ini memang sedang bergerak menuju penggunaan energi yang lebih bersih. Oleh karena itu, kebijakan ini sejalan dengan upaya global untuk mengurangi emisi karbon.

Dampak Terhadap Produsen Lokal

Regulasi ini diharapkan akan mendorong produsen lokal untuk berinvestasi lebih banyak dalam teknologi kendaraan listrik. Ini akan menciptakan ekosistem yang lebih kompetitif dan inovatif di Indonesia.

Peraturan Resmi

Peraturan ini diatur dalam Permenperin Nomor 21 Tahun 2023. Ini adalah revisi dari Permenperin No. 6 Tahun 2023 yang sebelumnya berlaku.

Harapan Pemerintah

Dengan adanya perubahan ini, diharapkan akan ada lonjakan signifikan dalam adopsi kendaraan listrik oleh masyarakat Indonesia.

Tujuan dari Perubahan Regulasi

Meningkatkan Investasi

Menurut Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, tujuan dari perubahan ini adalah untuk mendorong investasi di sektor kendaraan listrik.

Peningkatan Produktivitas

Selain itu, perubahan ini juga bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dalam industri otomotif Indonesia.

Lapangan Pekerjaan Baru

Dengan adanya investasi dan peningkatan produktivitas, tentu saja ini akan menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Dampak Ekonomi

Lapangan pekerjaan baru ini akan berkontribusi positif terhadap perekonomian nasional.

Dampak Sosial dan Lingkungan

Tidak hanya berdampak pada ekonomi, program ini juga akan membawa dampak positif pada lingkungan dan kesejahteraan sosial masyarakat.

Kriteria Penerima Subsidi

Subsidi untuk Umum

Subsidi sebesar Rp7 juta kini tersedia untuk masyarakat umum. Ini adalah perubahan dari kebijakan sebelumnya yang hanya ditujukan untuk pelaku UMKM.

Syarat Umum

Untuk berhak menerima subsidi ini, seseorang harus berusia minimal 17 tahun dan memiliki KTP elektronik.

Dampak Lingkungan

Langkah ini diharapkan akan mendorong lebih banyak orang untuk beralih ke kendaraan listrik, yang tentunya lebih ramah lingkungan.

Target Emisi

Ini juga akan membantu Indonesia dalam mencapai target pengurangan emisi gas rumah kaca.

Syarat Khusus

Satu NIK KTP hanya berhak membeli satu unit motor listrik dengan subsidi ini.

Proses Verifikasi oleh Dealer

Sistem Verifikasi

Dealer wajib memverifikasi data pembeli melalui sistem informasi dari Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika.

Tujuan Verifikasi

Verifikasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa subsidi diberikan kepada individu yang benar-benar memenuhi syarat.

Efektivitas Program

Dengan adanya sistem verifikasi ini, pemerintah dapat memantau efektivitas dari program subsidi ini.

Pencegahan Penyalahgunaan

Sistem ini juga diharapkan dapat mencegah penyalahgunaan atau penyelewengan dana subsidi.

Sistem Informasi

Sistem ini dikenal sebagai SISAPIRa dan disediakan oleh Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika.

Daftar Merek dan Harga Motor Listrik

Penambahan Merek dan Model

Jumlah merek dan model motor listrik yang berhak menerima subsidi mengalami penambahan. Kini, ada 14 merek dan 30 model yang memenuhi syarat.

Harga On The Road

Berikut adalah beberapa contoh harga OTR di Jakarta:

Smooth Tempur Rp11,5 juta
Smooth Zuzu Rp12,9 juta

Polytron PEV 30M1 A/T Rp13,5 juta

Selis Emax Rp13,5 juta
Selis Agats Rp15,999 juta
Selis Go Plus Rp22,499 juta

Rakata S9 Rp13,5 juta
Rakata X5 Rp15,1 juta

Alva ACC-BN A/T Rp29,49 juta
Alva ADC-BP A/T (Cervo) Rp35,75 juta

Greentech VP Rp9,799 juta
Greentech Scood Rp9,579 juta
Greentech Aero Rp8,904 juta

United T1800 A/T Rp23,5 juta
United TX1800 A/T Rp26,9 juta
United TX3000 A/T Rp42,9 juta
United MX1200 AT Rp8,8 juta

Viar Baru Q1 Rp14,52 juta

Volta 401 Rp9,95 juta
Volta 402 Rp11,1 juta
Volta 403 Rp11,95 juta

Gesits G1 A/T Rp21,97 juta
Gesits Raya G Rp20,99 juta

Yadea E8S Pro Rp16,9 juta
Yadea T9 Rp14,5 juta

Enine V5 Lit Rp15 juta

Exotic Sterrato Rp5,59 juta
Exotic Vito Rp5,79 juta
Exotic Mizone Rp6,19 juta

Quest Atom Rp22 juta.

Tingkat Komponen Dalam Negeri

Semua merek dan model ini memenuhi syarat memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 40 persen.

Varian Motor Listrik

Misalnya, motor listrik Atom Alpha hadir dalam tiga varian, yaitu Lite, Play, dan Pro.

Kesimpulan

Dengan banyaknya pilihan merek dan model, serta adanya subsidi dari pemerintah, kini masyarakat memiliki lebih banyak opsi untuk beralih ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

 

Efisiensi Biaya Melalui Optimalisasi Penggunaan Aki pada Mobil

Prev Post

Pemerintah Indonesia, khususnya melalui Kementerian Perindustrian, telah mengambil langkah proaktif dengan merilis perubahan regulasi terkait subsidi motor listrik. Tujuan dari perubahan ini adalah untuk mendorong investasi, meningkatkan produktivitas industri otomotif, dan menciptakan lapangan pekerjaan baru. Dengan kriteria penerima subsidi yang lebih inklusif, diharapkan akan ada peningkatan signifikan dalam adopsi kendaraan listrik. Proses verifikasi yang ketat […]

Inovasi Kontrol Stabilitas Elektronik sebagai Teknologi Keamanan yang Mengubah Cara Anda Berkendara

Next Post

Pemerintah Indonesia, khususnya melalui Kementerian Perindustrian, telah mengambil langkah proaktif dengan merilis perubahan regulasi terkait subsidi motor listrik. Tujuan dari perubahan ini adalah untuk mendorong investasi, meningkatkan produktivitas industri otomotif, dan menciptakan lapangan pekerjaan baru. Dengan kriteria penerima subsidi yang lebih inklusif, diharapkan akan ada peningkatan signifikan dalam adopsi kendaraan listrik. Proses verifikasi yang ketat […]

Related Post

Ini Kelebihannya Transisi dari Aki Mobil Tipe Basah ke Tipe Kering

Mengambil keputusan mengenai jenis aki mobil yang digunakan tak bisa dianggap remeh. Sebelum memutuskan yang terbaik, ini kelebihannya transisi dari aki mobil tipe basah ke tipe kering sebagai bahan panduan untuk Anda. Sebuah revolusi kecil, namun signifikan, transisi ini bisa memberikan sejumlah keuntungan, mulai dari efisiensi, keawetan, hingga aspek keamanan. Tentu saja, pemilihan ini tak […]

Mengurangi Kadar Emisi Gas Buang Mobil Melalui Metode Servis Hydrogen Carbon Clean

Mengurangi kadar emisi gas buang mobil melalui metode servis hydrogen carbon clean bukan hanya menjadi tren, tetapi juga sebuah kebutuhan di era modern ini. Dengan semakin ketatnya regulasi emisi dan tuntutan publik untuk kendaraan yang lebih ramah lingkungan, metode ini menawarkan solusi efektif. Dari bengkel di Jakarta Selatan hingga Bekasi, teknologi hydrogen carbon clean membuka […]

Apa Saja Kendaraan Terbaik untuk Perjalanan Jarak Jauh?

Ketika Anda merencanakan perjalanan jarak jauh, memiliki kendaraan yang dapat diandalkan dan nyaman menjadi hal yang penting. Jadi apa saja kendaraan terbaik untuk perjalanan jarak jauh? Berikut ini kami pilihkan beberapa kendaraan terbaik yang cocok untuk perjalanan jarak jauh. Kendaraan SUV yang Nyaman dan Tangguh Toyota Land Cruiser: Kombinasi Luks dan Keandalan Salah satu SUV […]

Menerapkan Biofuel sebagai Solusi Energi Terbarukan di Industri Otomotif Global

Menerapkan biofuel sebagai solusi energi terbarukan di industri otomotif global bukan hanya sebuah ide yang menarik, tetapi juga sebuah langkah strategis yang berpotensi mengubah wajah industri ini. Dengan meningkatnya kebutuhan akan solusi energi yang lebih berkelanjutan, biofuel muncul sebagai alternatif yang menjanjikan. Tidak hanya berpotensi mengurangi emisi gas rumah kaca, biofuel juga menawarkan keuntungan ekonomi […]

Mengenal Lebih Dekat Transformers Sang Legenda di Layar Lebar yang Menjadi Sumbu Inspirasi Industri Otomotif

Transformers, siapa yang tak kenal dengan legenda layar lebar ini? Dari pertempuran epik Autobots dan Decepticons hingga pengenalan Maximals yang baru, transformers: Rise of The Beasts menjanjikan petualangan global di era ’90 yang akan mengguncang industri otomotif. Dengan Steven Caple Jr. sebagai sutradara dan bintang seperti Anthony Ramos dan Dominique Fishback, film ini telah rilis […]