Kembalinya Daytona dengan Triumph Daytona 660 dalam Uji Coba

Kembalinya Daytona dengan Triumph Daytona 660 dalam uji coba adalah kebangkitan dari legenda Daytona yang lebih fokus pada kenyamanan sehari-hari daripada performa trek. Dengan mesin tiga silinder 660cc yang menghasilkan 81 tenaga kuda, motor ini menawarkan kombinasi unik antara performa dan kenyamanan. Meski belum ada informasi resmi mengenai harga dan ketersediaan, triumph daytona 660: terungkap dalam uji coba menunjukkan potensi untuk mengguncang pasar motor sport kelas menengah.

Kembalinya Daytona dengan Triumph Daytona 660 dalam Uji Coba. Apakah Daytona akan berjaya kembali?
Kembalinya Daytona dengan Triumph Daytona 660 dalam Uji Coba ~ Photo on cycleworld.com

Sejarah dan Kebangkitan Daytona

Sejarah Daytona: Dari Awal Hingga Kini

Awal Mula: Era 1990-an

Daytona pertama kali diperkenalkan oleh Triumph pada awal 1990-an dengan model Daytona 750 dan 1000. Motor ini menjadi simbol kebangkitan Triumph di bawah kepemilikan John Bloor. Meski bukan motor sport pertama dari Triumph, Daytona berhasil menarik perhatian dengan desain dan performanya.

Era 2000-an: Daytona 675

Pada tahun 2006, Triumph meluncurkan Daytona 675, sebuah motor sport dengan mesin tiga silinder yang menjadi ikon di kelasnya. Dengan fokus pada performa trek, Daytona 675 mendapatkan banyak pujian dan penghargaan dari berbagai media otomotif.

Penarikan dari Pasar

Namun, seiring waktu, penjualan Daytona mulai menurun, terutama karena persaingan yang semakin ketat dan standar emisi yang semakin ketat. Pada tahun 2017, Triumph memutuskan untuk menghentikan produksi Daytona 675.

Kebangkitan Sementara: Daytona 765

Pada tahun 2020, Triumph merilis edisi terbatas Daytona 765 untuk merayakan kesepakatan mereka sebagai pemasok mesin untuk kejuaraan Moto2. Meski mendapat sambutan hangat, model ini hanya diproduksi sebanyak 1,530 unit dan cepat habis terjual.

Masa Depan: Daytona 660

Kini, Triumph sedang menguji Daytona 660, sebuah model yang lebih fokus pada kenyamanan dan kepraktisan sehari-hari. Dengan mesin 660cc dan desain yang lebih ergonomis, model ini diharapkan bisa membawa kembali kejayaan Daytona di pasar motor sport.

Dengan berbagai pasang surut, Daytona tetap menjadi salah satu nama paling ikonik dalam sejarah Triumph. Kini, semua mata tertuju pada Daytona 660 untuk melihat apakah ia bisa memenuhi harapan dan membawa kembali kejayaan bagi Triumph.

Mesin Tiga Silinder: Lebih dari Sekadar Angka

Daytona 660 akan menggunakan mesin tiga silinder 660cc, sama dengan yang digunakan pada model Trident dan Tiger Sport 660. Mesin ini diklaim menghasilkan 81 tenaga kuda, menempatkannya di antara Yamaha YZF-R7 dengan 72 tenaga kuda dan Honda CBR650R dengan 94 tenaga kuda.

Desain dan Ergonomi: Fokus pada Kenyamanan

Berbeda dengan pendahulunya yang lebih fokus pada performa trek, Daytona 660 dirancang untuk kenyamanan sehari-hari. Dengan setang yang lebih tinggi dan tempat duduk yang lebih nyaman untuk penumpang, motor ini menawarkan ergonomi yang lebih ramah.

Komponen dan Spesifikasi: Campuran Terbaik

Daytona 660 akan meminjam banyak komponen dari model lain dalam jajaran Triumph. Misalnya, rangka baja sederhana dari Trident dan Tiger Sport, serta rem dan roda dari Street Triple 765. Ini menunjukkan bahwa motor ini akan memiliki performa yang cukup baik, tetapi tidak terlalu ekstrem.

Berat dan Performa: Ringan tapi Kuat

Dalam hal berat, Daytona 660 diperkirakan akan sebanding dengan Yamaha R7 yang beratnya 414 pon. Meski demikian, motor ini akan lebih ringan daripada Honda CBR650R yang beratnya mencapai 445 pon. Dengan perbandingan roda gigi yang lebih pendek, motor ini akan lebih cepat merespons gas, membuatnya terasa lebih gesit.

Pesaing dan Pasar: Siap Bersaing

Daytona 660 akan bersaing langsung dengan beberapa model dari Yamaha dan Honda. Dengan mesin tiga silinder yang menawarkan lebih banyak tenaga, Triumph berharap untuk menarik lebih banyak pembeli yang mencari sesuatu yang berbeda dari mesin empat silinder yang umumnya digunakan.

Harga dan Ketersediaan: Menunggu Pengumuman Resmi

Belum ada informasi resmi mengenai harga dan ketersediaan Daytona 660. Namun, mengingat spesifikasinya, harga dalam Rupiah kemungkinan akan kompetitif dengan pesaingnya.

Kesimpulan: Daytona 660, Solusi untuk Pengendara Harian

Daytona 660 menawarkan solusi bagi mereka yang mencari motor sport yang lebih fokus pada kenyamanan sehari-hari daripada performa trek. Dengan mesin tiga silinder dan ergonomi yang lebih ramah, ini bisa menjadi pilihan yang menarik bagi banyak pengendara.

Dengan kembalinya Daytona dengan Triumph Daytona 660 dalam uji coba, Triumph tampaknya siap untuk mengguncang pasar motor sport kelas menengah. Apakah ini akan menjadi awal kebangkitan baru untuk Daytona? Hanya waktu yang akan menjawab.

Penerapan Teknologi Radar dalam Sistem Pengereman Otomatis Menjadi Sebuah Revolusi di Dunia Otomotif

Prev Post

Kembalinya Daytona dengan Triumph Daytona 660 dalam uji coba adalah kebangkitan dari legenda Daytona yang lebih fokus pada kenyamanan sehari-hari daripada performa trek. Dengan mesin tiga silinder 660cc yang menghasilkan 81 tenaga kuda, motor ini menawarkan kombinasi unik antara performa dan kenyamanan. Meski belum ada informasi resmi mengenai harga dan ketersediaan, triumph daytona 660: terungkap […]

Keunggulan Fitur Keselamatan Mobil Honda Civic Terbaru yang Patut Dilirik dan Dipinang

Next Post

Kembalinya Daytona dengan Triumph Daytona 660 dalam uji coba adalah kebangkitan dari legenda Daytona yang lebih fokus pada kenyamanan sehari-hari daripada performa trek. Dengan mesin tiga silinder 660cc yang menghasilkan 81 tenaga kuda, motor ini menawarkan kombinasi unik antara performa dan kenyamanan. Meski belum ada informasi resmi mengenai harga dan ketersediaan, triumph daytona 660: terungkap […]

Related Post

Tindakan Darurat yang Tepat saat Mengalami Kecelakaan Mobil di Jalan Raya

Kecelakaan mobil di jalan raya, sebuah momen yang kita semua harap tak pernah terjadi. Namun, realitasnya sering kali tak seindah harapan. Di tengah hiruk-pikuk lalu lintas Indonesia, tindakan darurat yang tepat saat mengalami kecelakaan mobil di jalan raya bukan hanya soal pengetahuan, tapi juga tentang kesiapsiagaan dan keberanian untuk bertindak. Dari pengalaman mengemudi di berbagai […]

Panduan Lengkap Memilih Mobil Bekas yang Berkualitas

Membeli mobil bekas bisa menjadi alternatif yang baik jika Anda ingin memiliki kendaraan dengan harga lebih terjangkau. Namun, memilih mobil bekas yang berkualitas juga memerlukan kehati-hatian agar Anda tidak kecewa dengan pembelian Anda. Dalam panduan ini, kami akan memberikan langkah-langkah dan tips penting dalam memilih mobil bekas yang berkualitas. Mulai dari mempertimbangkan anggaran dan kebutuhan […]

Tren Terbaru dalam Industri Otomotif 2023

Industri otomotif mengalami transformasi yang signifikan seiring berjalannya waktu. Dengan perkembangan teknologi dan perubahan preferensi konsumen, tren baru muncul dan membentuk masa depan industri ini. Berikut ini adalah beberapa Tren Terbaru dalam Industri Otomotif 2023 yang menjadi tren utama dan akan membentuk industri otomotif pada tahun 2023. Pengalaman Pelanggan Digital Pengalaman pelanggan digital menjadi tren […]

Mengklaim Asuransi Motor Pasca Kecelakaan atau Pencurian dengan Mudah dan Cepat

Bayangkan saja, ketika saat berada di tengah hiruk-pikuk jalanan yang tak kenal ampun, di atas laju motor yang menjadi teman sejati, dan tiba-tiba terjadi tragedi. Apakah itu kecelakaan yang tak terduga atau pencurian yang menghancurkan hati saat motor sedang di parkiran, proses klaim asuransi menjadi penyelamat dalam kekacauan tersebut. Agar tak galau berkepanjangan, mari kita […]

Meningkatnya Insiden Kebakaran Kendaraan Listrik dan Solusi Inovatif untuk Mengatasinya

Kendaraan listrik memang menjadi tren masa kini, tetapi meningkatnya insiden kebakaran kendaraan listrik dan solusi inovatif untuk mengatasinya menjadi perhatian yang tidak bisa diabaikan. Meski dianggap sebagai jawaban untuk mengurangi emisi karbon dan polusi udara, kendaraan bertenaga listrik ini menimbulkan risiko kebakaran yang cukup serius. Dari baterai yang mudah meledak hingga sistem pengisian daya yang […]